Rabu, 21 April 2010

LOLOT' n BAND

Lolot Band dibentuk pada Bulan Agustus 2002. Bertempat di Live Recording Studio Timur Pregina. Konsep musik Bali Rock Alternative merupakan pakem musik Rock Modern dengan lirik berbahasa Bali. Diciptakan untuk Industri bukan untuk menghancurkan budaya luhur kita. Sejak kemunculan album Lolot Band yang pertama (waktu itu masih menggunakan nama Lolot n Band, karena masih menjadikan Made Bawa (Lolot) sebagai ikon sentral) di album Gumine Mangkin bisa laku 75ribu kopi. Suatu angka yang fantastis dan tentu saja membuat untung besar. Siapapun pasti tahu lagu “Tresna Memaksa”. Popularitas lagu ini bisa disejajarkan dengan popularitas lagu “Kidung Kasmaran”nya almarhum Okid Kres. Bedanya, di Tresna Memaksa, nama Lolot n band langsung MELAMBUNG KENCANG, tapi kalau Kidung Kasmaran orang malah sering lupa siapa penyanyinya. Bukan lupa, malah tidak tahu. Satu lagi yang membuat penjualan album pertama kencang adalah lagu "Artha Utama". Ini lagu favorit saya dari Lolot Band juga lagu "Karman Beli". Lanjut. Album kedua, Bali Rock Alternatif juga meledak tapi penjualannya masih dibawah Gumine Mangkin. sekitar 65ribu kopi. Album ketiga, Meong Garong, dengan kualitas musik yang sangat apik malah turun ke 45ribu kopi.
Album The Best of Lolot turun drastis ke 15ribu, dan sekitar angka yang sama juga untuk album yang terakhir, Saling Caplok. Tidak ada lagi euforia penjualan di atas 50 ribu. Bahkan 30ribu juga tidak tercapai. Tapi salutnya, panggung pertunjukan masih rame bisa dijajal dan PENONTON SELALU MERINDUKAN Lolot Band. Jadi kalau terlihat sekarang semua kehilangan semangat, sepertinya masih masuk akal. Mudah-mudahan Lolot bisa bangkit. Mengingat Lanang, Deny dan Doni masih semangat dan mau maju terus. Hanya saja kali ini dengan berbahasa Indonesia, masih setia dengan musik rock. Bersama band Rokavatar, kemungkinan diambil dari kata Rock Avatar.

Lolot ini nick namenya Made Bawa. Si vokalis. Makanya di album awal-awal masih menggunakan nama Lolot n band. Tetapi sudah berformat band baku, ada Lolot, Deny, Doni dan Lanang. Tidak pernah diganti kecuali force majeur atau additional. Selanjutnya kalau tidak salah sejak album Meong garong dipakailah nama resmi Lolot Band. jadi beda dengan nanoe Biroe yang tim dan bandnya bisa berganti-ganti. Lolot itu artinya Reverse slank. Coba dibalik, jadi tolol. Iya karena Made Bawa sejak kecil merasa dirinya seperti itu. Sebenarnya sih bukan cuma itu kali ya. Karena De Bawa ini kebetulan tetangga saya di Panjer, Denpasar. Dia bandel dan suka minum alkohol. Tapi itu dulu. Dulu suka mabuk dan trouble maker. Apa Lolot pernah pake narkoba? Ini sudah sering dibahas. Kalau mau baca testimoninya, coba baca buku “Buka Mata Buat Narkoba”. Kebetulan yang nyusun itu ada Lode, dibantu mas Anton juga. Saya juga ikut dikit bantuin. Lolot dulu di Superman Is dead? Yup. Pernah.Tapi hanya sebentar. Dia bosan dan lebih senang berunderground ria dengan band hardcorenya, Knucklehead Nation (kalau nggak salah). Kenapa Lolot tidak nyanyi bahasa Indonesia? Haha.Bahasa Indonesianya payah. Malah waktu Lolot Band dapat penghargaan SCTV Music Award sebagai band indie terbaik, di salah satu majalah disebutkan kalau vokalis Lolot band tidak bisa berbahasa Indonesia. Tetapi ya tidak separah itulah….Terus kalau menyanyi underground memakai bahasa Inggris, dengan suara menggeram(growhling)nya kalau bule mendengarkan pasti juga dijamin tidak mengerti.

LOLOT (Pejalan Idup 2009)

Bonus Track :

LOLOT (Gumine Mangkin 2003)

LOLOT (Bali Rock Alternative 2004)

LOLOT (Meong Garong 2005)

LOLOT (Saling Caplok 2007)
 Lirik Lolot (Pejalan Idup 2009)
  • Sewalepatresna
Serasa Liang manah titiang,
Rikala ngwaca surat beline,
Nyambatang tresna kapining titiang,
Serasa mengulayang kenehe,
Uli pidan titiang nyantosang,
Ragan beline nekedang tresna,
Swireh titiang masih ngrasayang,
kajatuh tresna kapining beli...

reff :
titiang misadia nerima tresnan beline,
yening mula sujati tresna uling dasar ring hati,
Titiang misadia nerima ragan beline,
yening mula sujati tresna uling dasar ring hati...

Mebunga rasa keneh titiang,
polos ragan beline ngelemesin,
tan waneh2 dewek titiang,
maca lan ngwaca surat beline...

Kembali ke reff...
  • Panak Macan
Sekadi ngubuh panak macan,
meme lan bapa ye ngelah pianak,
dicerikne lucu lan ngemesin,
dikelihne setate nyakitin,
Sekadi ngubuh panak macan,
meme lan bapa ye ngelah pianak,
dipetengne ye pules memolos,
dilayah basange seng ngitungang ape...

reff :
napi kuangan meme lan bapa ne
solah pianak seng dadi arepang
napi kuangan meme lan bapa ne
solah pianak seng dadi andelang

dugase cerik aeng penyayangin
ape ne tagih side keisinin
ne jani kelih ngedenang kenehne
disubane baang iye nageh jagur

ento rerame tusing je meaji
anggon kite pejalan pedidi
kanti kenyel bibihe memunyi
depang kengken suba ditu ben dadine..

kembali ke reff...

0 komentar:

Poskan Komentar